Lubang Kalam Sawahlunto, lubang tembok, Kec. Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Indonesia

34 Bangunan Bersejarah yang Bagus Dan Murah di Indonesia

Ingin mengganti suasana liburanmu dengan sesuatu yang lebih memikat? Jangan khawatir, karena Indonesia punya banyak keajaiban alam yang menunggu untuk dijelajahi. Ayo, telusuri 34 Bangunan Bersejarah yang Bagus Dan Murah di Indonesia!

Wisata di Sumatera Barat
Bangunan Bersejarah
4.5
(49 Ulasan)

Lubang Kalam Sawahlunto

Lubang bekas tambang batu bara dengan pemandangan yang unik

Kota Sawahlunto

Sumatera Barat

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Lubang Kalam Sawahlunto di Google Maps

5

Terowongan kereta api terpanjang dipulau sumatera. Salah satu situs cagar budaya yang diakui UNESCO.

Wisata di Sulawesi Utara
Bangunan Bersejarah
4.4
(60 Ulasan)

Mercusuar Kota Manado

Mercusuar yang menjadi salah satu ikon wisata di Kota Manado dan memiliki pemandangan laut yang indah.

Kota Manado

Sulawesi Utara

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Mercusuar Kota Manado di Google Maps

5

Yaa kan tempat cari cuan di sini

Wisata di Jawa Barat
Bangunan Bersejarah
4.6
(67 Ulasan)

Bumi Ageung Cikidang

Taman rekreasi yang menawarkan berbagai wahana, seperti kolam renang dan area bermain.

Kabupaten Cianjur

Jawa Barat

0815-6005-764

Kunjungi website Bumi Ageung Cikidang di Google Maps

5

Museum bumi ageung yang terletak di kawasan kota tua Cianjur ini adalah saksi bisu masa perjuangan kemerdekaan. Di dalamnya berisi barang2 kuno antik dan foto2 silsilah bupati cianjur terdahulu. . Arsitekturnya yang vintage sekilas mengingatkanku sama set rumah si doel, cantik buat sekedar berfoto2. Bisa jadi destinasi layak kunjung jika main ke Cianjur. Tapi kalo mau masuk ke dalam memang harus janjian dulu dengan penghuninya.

Wisata di Kepulauan Riau
Bangunan Bersejarah
4.5
(80 Ulasan)

Bukit Clara (Clara Hill)

Bukit dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk

Kota Batam

Kepulauan Riau

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Bukit Clara (Clara Hill) di Google Maps

4

Nice View

Wisata di Jawa Tengah
Bangunan Bersejarah
4.3
(86 Ulasan)

Menara Air Brebes

Menara air yang menjadi ikon Kota Brebes

Kabupaten Brebes

Jawa Tengah

0283 3671696

Kunjungi website Menara Air Brebes di Google Maps

4

Saya kira ini tuh apa soalnya dari sawah di Desa Sidakaton, Tegal saja bisa terlihat objek ini hehe

Wisata di Jawa Timur
Bangunan Bersejarah
4.4
(125 Ulasan)

Kepatihan Ngawi

Kawasan wisata dengan pemandangan tebing batu putih yang unik

Kabupaten Ngawi

Jawa Timur

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Kepatihan Ngawi di Google Maps

3

Salah satu bangunan cagar budaya di ngawi kediaman sekaligus kantor patih Pringgokusumo patih pertama di ngawi...itu mengapa kawasan ini disebut kepatihan...sayang baru taraf pengembangan sehingga fasilitas pendukung belum tersedia...

Wisata di Bali
Bangunan Bersejarah
4.6
(139 Ulasan)

Puri Klungkung

Pura yang terletak di tengah hutan yang rindang dan asri

Kabupaten Klungkung

Bali

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Puri Klungkung di Google Maps

4

the inside is no longer resembling anything architecturally authentic from the time of klungkung rajadom but the small "museum" with photos are definitely worth the visit. free to visit with kind "staff" (which may be a family living there, I'm guessing somehow relates to the current regent of klungkung) and free toilet. recommended for those who are interested in the 18th-21st century raja/kingdoms history and players.

Wisata di Jawa Timur
Bangunan Bersejarah
4.6
(185 Ulasan)

Kota Tua Surabaya

Sebuah kawasan bersejarah yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Kawasan ini memiliki banyak bangunan tua bergaya kolonial dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer.

Surabaya

Jawa Timur

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Kota Tua Surabaya di Google Maps

4

Sebenarnya bangunannya bagus dan klasik. Namun penataan nya kurang jd banyak yg terlihat horor. Gk tau ada tempat parkirnya atau tidak, yg jelas kesini jangan sendiri. Tempatnya bener2 sepi, bahkan di titik tertentu sunyi banget

Wisata di Sumatera Utara
Bangunan Bersejarah
4.2
(216 Ulasan)

Tangga Seratus

Tangga dengan 100 anak tangga yang menghubungkan pusat kota dengan area perbukitan

Kota Sibolga

Sumatera Utara

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Tangga Seratus di Google Maps

5

Ini saksi bisu sejarah Indonesia pd umumnya Sibolga pd khususnya. Bangunan peninggalan kolonial Jepang pada awal perang dunia kedua. Merupakan pos pengintai ke arah teluk Sibolga. Sayangnya agak terlantar kondisinya. Mohon jadi perhatianya kpd instansi terkait, terima kasih.

Wisata di Sulawesi Selatan
Bangunan Bersejarah
4.5
(274 Ulasan)

Istana Langkanae Luwu

Istana tradisional suku Luwu yang megah, menjadi salah satu warisan budaya yang dilestarikan.

Kota Palopo

Sulawesi Selatan

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

https://situsbudaya.id/istana-kedatuan-luwu/

4

Salah satu bangunan kuno peninggalan sejarah kerajaan luwu atau kedatuan luwu yang masih eksis sampai saat ini, lokasinya sangat strategis karena berada di pusat kota Palopo, sempat di tutup untuk pengunjung umum pada saat covid melanda, namun sekarang sudah dibuka untuk umum.

Wisata di Jawa Tengah
Bangunan Bersejarah
4.2
(291 Ulasan)

Tugu Adipura Kota Rembang

Monumen kebanggaan Kota Rembang yang terletak di pusat kota.

Kabupaten Rembang

Jawa Tengah

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Tugu Adipura Kota Rembang di Google Maps

5

Tugu yang berada di depan kantor DPRD kota Rembang ini didirikan sebagai simbol keberhasilan Rembang meraih Adipura pada tahun 1998. Khas dengan replika kapal di tengahnya. Terletak di pertigaan arah barat kota Pati Bumi Mina Tani, arah timur kota Tuban Bumi Wali, dan arah selatan kota Blora Mustika.Semboyan Rembang BANGKIT (Bahagia, Aman, Nyaman, Gotong-royong, Kerja keras, Iman, Takwa).

Wisata di Sumatera Barat
Bangunan Bersejarah
4.6
(464 Ulasan)

Istana Bung Hatta

Istana tempat tinggal mantan Wakil Presiden Indonesia, Mohammad Hatta.

Kota Bukittinggi

Sumatera Barat

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Istana Bung Hatta di Google Maps

5

Tempat yang sepi karna jelas tidak banyak yang bisa dilihat di sini hanya sebuah patung beberapa ukiran dan sedikit tulisan. Itupun hanya di bagian taman bagian istananya tidak boleh dimasuki oleh orang umum. Sehingga tidak dapat menjadi salah satu tempat pembelajaran sejarah.

Wisata di Jawa Tengah
Bangunan Bersejarah
4.4
(538 Ulasan)

Prasasti Plumpungan

Museum Salatiga,, Tempat Rekreasi Sejarah kota Salatiga, Mengenal Sejarah dan Literasi dari Masa ke Masa, tempat diskusi dan berbagi ilmu, tempat berkegiatan kebudayaan Saatiga masa lalu

Kota Salatiga

Jawa Tengah

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

http://www.instagram.com/museum_salatiga

4

Konon prasasti plumpungan tonggak sejarah berdirinya kota salatiga. Prasasti ini berisi ketetapan hukum berupa pemberian status tanah perdikan untuk wilayah salatiga oleh raja bhanu dari kerajaan mataram kuno di tahun 750 M Prasastinya sendiri berupa tulisan berhuruf jawa kuno di atas sebongkah batu besar. Lokasi prasasti plumpungan ada di jl. patimura, sekitar 3 kilometer dari pusat kota salatiga ke arah utara. Persis di sebelah jalan tol semarang solo. Di sebelah prasasti ini berdiri museum salatiga yang sayangnya ditutup sementara akibat pandemi covid sejak maret 2020 sampai waktu yang belum ditentukan.

Wisata di Sumatera Utara
Bangunan Bersejarah
4.5
(587 Ulasan)

Batu Lubang Sibolga

Pantai dengan batu karang berlubang yang menjadi ikon

Kabupaten Tapanuli Tengah

Sumatera Utara

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Batu Lubang Sibolga di Google Maps

4

Jalan menuju batu lubang saat ini tidak mulus jadi harus berhati2 dg jarak 40 meter para pengendara berganti2an untuk melewati batu lubang yg menjadi penghubung antara Tarutung dg Sibolga. Ada rest area buat kita photo2. Belum lagi jalan extrem yg penuh dg kelok2 tajam. Sedikit saran kl kesini mending tidur minum antimo buat yg suka mabuk perjalanan

Wisata di Jawa Timur
Bangunan Bersejarah
4.2
(1084 Ulasan)

Mercusuar Bangkalan

Mercusuar putih yang khas di area terpencil, dengan pemandangan tepi pantai yang indah.

Kabupaten Bangkalan

Jawa Timur

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Mercusuar Bangkalan di Google Maps

5

We went to the lighthouse passing the rice fields. Nice scenery and calm.People used to pay entrance ticket but not anymore. It is free now.The area isn't big but you can see sunset from the shores.

Wisata di Aceh
Bangunan Bersejarah
4.6
(1327 Ulasan)

Tugu Simpang Lima Banda Aceh

Instalasi terkenal di bundaran lalu lintas yang memiliki pilar melengkung dengan prasasti berlapis emas.

Kota Banda Aceh

Aceh

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

http://www.bandaacehkota.go.id/

5

Tugu ikonik di jantung kota Banda Aceh, yang membelah ruas jalan kota ke 5 arah. Kondisi lalu linta di simpang ini lumayan padat, utamanya pada jam sibuk pagi dan sore. Simpang Lima sangat dekat dengan lokasi-lokasi penting seperti Masjid Raya Baiturrahman, Hotel Kyriad, Suzuya, Makodam, dan Lapangan Blang Padang.

Wisata di Banten
Bangunan Bersejarah
4.5
(1921 Ulasan)

Benteng Surosowan

Benteng bersejarah di Banten, Jawa Barat, yang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah

Kota Serang

Banten

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Benteng Surosowan di Google Maps

3

Benteng yang menjadi salah satu saksi bisu bagaimana kerajaan Banten berkembang dari masa ke masa. Benteng ini mudah sekali diakses dari Stasiun Karangantu, cukup jalan kaki sekitar 5-10 menit saja. Sayangnya, sewaktu kemari, saya hanya dihadapkan pada plang yang menandakan pintu benteng ini ditutup. Pun tidak ada anjungan bagi pengunjung supaya bisa melihat bagaimana rupa benteng ini bila dilihat dari sisi atas (bird eye view).

Wisata di Jawa Tengah
Bangunan Bersejarah
4.7
(2004 Ulasan)

Tugu Lawet Kebumen

Patung sarang burung walet raksasa yang menawan di bundaran lalu lintas, yang dikenal sebagai simbol kota.

Kabupaten Kebumen

Jawa Tengah

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

https://www.kebumenkab.go.id/

4

Pertama makan di sepanjang bahu jalan tugu lawet, 1 jam lebih nungguin makanannya dateng. Kebarengan dg event hiburan di pojokan jd pengunjung membludak. Tolong tukang parkirnya lebih profesional yak, Mobil + motor dimasukin semua jadi satu tanpa pengaturan sehingga kacau, mobil parkir di depan ruko sampai ketahan nggak bisa keluar

Wisata di Banten
Bangunan Bersejarah
4.6
(2116 Ulasan)

Benteng Speelwijk

Dibangun pemerintah Belanda pada abad ke-17, bangunan reruntuhan benteng batu terkenal ini terbuka untuk umum.

Kota Serang

Banten

0823-1191-9797

Kunjungi website Benteng Speelwijk di Google Maps

5

Situs bersejarah di Banten yang sangat cocok untuk belajar dan menambah ilmu pengetahuan sejarah ataupun rekreasi. Tempat yang ramah anak-anak juga karena terdapat penyewaan becak / sepeda listrik yang bisa disewa untuk keliling Benteng Speelwijk. Tempatnya sangat luas dan asri juga karena banyak terdapat pohon dan hamparan rumput hijau. Di sini juga banyak pedagang makanan dan minuman sehingga memudahkan jika ingin nyemil atau jajan sore.

Wisata di Kalimantan Barat
Bangunan Bersejarah
4.6
(2349 Ulasan)

Istana Kadriah Kesultanan Pontianak

Istana sultan yang dibangun tahun 1770-an, terkenal dengan tampilan kuning, meriam & artefak dari zamannya.

Kota Pontianak

Kalimantan Barat

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Istana Kadriah Kesultanan Pontianak di Google Maps

5

Tempatnya cukup terawat, meskipun ada beberapa bangunan yang sudah seharusnya di perbaiki oleh pihak istana/pengelola demi keamanan pengunjung. Untuk barang2 yang ada di istana hendaknya dibersihkan secara teratur agar awet.

Wisata di Jawa Barat
Bangunan Bersejarah
4.6
(2336 Ulasan)

Prasasti Batu Tulis

Batu berundak dalam sebuah tempat tertutup berisi prasasti abad ke-16 oleh Raja Surawisesa.

Kota Bogor

Jawa Barat

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Prasasti Batu Tulis di Google Maps

5

Prasasti Batu Tulis berlokasi di Jalan Batu Tulis, Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat. Di seberangnya juga terdapat Istana Batu Tulis. Lokasi ini merupakan tempat bersejarah Kerajaan Sunda Pakuan Pajajaran (Surawisesa dan Prabu Siliwangi), terdapat beberapa batu yaitu batu berukir bukti pengangkatan dan penghormatan raja, batu telapak kaki raja, batu tempat sandaran raja, batu lingga perlambang kesuburan, batu penambat kuda raja. Semoga tempat ini tetap terawat, lestari, dan lebih diperhatikan lagi.

Wisata di Banten
Bangunan Bersejarah
4.5
(2814 Ulasan)

Tugu Kota Cilegon

Semenjak mendapat kritikan dari Badan Pengembangan & Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terkait Pemberian nama untuk Ruang Terbuka Publik di Daerah, di Haruskan menggunakan Bahasa Indonesia.Semula tempat ini di Kenal dengan nama "LANDMARK KOTA CILEGON" dan kami informasikan tempat ini sudah berganti Nama menjadi "TUGU KOTA CILEGON" dan di samping nya ada "TAMAN BOULEVARD" juga berganti nama menjadi "TAMAN SIMPANG"

Kota Cilegon

Banten

0254 380577

https://www.instagram.com/tugukotacilegon/

4

Makan dipojokan kucingan tugu kota cilegon, enak bercengkrama, banyak pilihan satenya, cuman nasi kucingnya terbatas

Wisata di Jawa Timur
Bangunan Bersejarah
4.3
(2954 Ulasan)

Gedung Juang 45 Nganjuk

Sebuah gedung bersejarah di Nganjuk yang menjadi tempat perjuangan rakyat Nganjuk merebut kemerdekaan.

Kabupaten Nganjuk

Jawa Timur

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Gedung Juang 45 Nganjuk di Google Maps

4

Tempat luas, sayangnya padagangnya kurang tertata rapi. Mainan anak banyak pilihan, bisa lihat tank dan meriam, pesawat asli

Wisata di Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Bangunan Bersejarah
4.6
(3209 Ulasan)

Toko Merah

Peninggalan langka dari era kolonial Belanda, rumah tahun 1730 ini dulunya kediaman gubernur jenderal.

Kota Jakarta Barat

Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Toko Merah di Google Maps

5

Toko Merah yang legendaris ini menjadi kafe yang estetik dengan vintage zaman Belanda. Baik di dalam ruangan (indoor/non smoking area) atau pun smoking area. Bagian tangga akan lebih menarik jika lantai dua bisa digunakan. Mencoba kopi Rode, yang tak lain adalah kopi gula aren. Karena masih kenyang, belum cicip makanan. Harga standar dengan kafe lainnya. Pelayanan ramah dan cepat, sangat welcome terhadap setiap tamu.

Wisata di Jawa Timur
Bangunan Bersejarah
4.6
(4508 Ulasan)

Istana Gebang

Rumah masa kecil Sukarno, presiden pertama Indonesia, yang kini menjadi museum khusus karya & kisah hidupnya.

Kota Blitar

Jawa Timur

0342 801126

Kunjungi website Istana Gebang di Google Maps

5

Tempat wisata yang pertama kali saya kunjungi saat di Blitar adalah Istana Gebang. Ini merupakan rumah masa kecil Presiden Ir. Soekarno. Untuk masuk ke dalam Istana Gebang dikenakan biaya retribusi Rp. 3.000 per orang dan jangan lupa mengisi buku tamu. Lalu kita diberi tas totebag untuk meletakkan sepatu/sandal kita, jadi ketika masuk Istana Gebang kita tidak diperkenankan menggunakan alas kaki.Sebelumnya saya pernah mengunjungi Museum H.O.S Tjokroaminoto di Surabaya, sekitas tidak jauh berbeda bangunannya namun Istana Gebang memiliki luas tanah 2-3 kali lipat dibandingkan Museum H.O.S Tjokroaminoto. Halaman depan, belakang, dan samping Istana Gebang sangat luas. Selain itu, bangunan Istana Gebang sendiri juga cukup luas.Istana Gebang terdapat 2 bangunan, bangunan depan berisi ruang tamu, 2 kamar dan ruang keluarga. Lalu terdapat lorong yang menghubungkan ke bangunan belakang yang terdapat ruang makan, gudang, dan area dapur. Kami mengitari setiap sudut Istana Gebang hingga di bagian dapur kotor yang masih ada perapian untuk memasak.

Wisata di Jawa Timur
Bangunan Bersejarah
4.4
(5671 Ulasan)

Benteng Pendem Van Den Bosch

Selesai pada tahun 1845, benteng yang cukup besar ini pernah dihuni oleh 250 tentara Belanda.

Kabupaten Ngawi

Jawa Timur

0351 749208

http://ngawikab.go.id/

5

Terakhir ke sini masih belum direnovasi dan masih berupa susunan batu bata, sekarang setelah renovasi jadi makin bagus, rapi, dan bersih. Seperti mereka ulang sejarah bangungan benteng yang dulu pernah berdiri tegak. Meski sebagian besar sudah dipugar, tapi beberapa spot masih dibiarkan seperti apa adanya, sehingga kesan bangunan bersejarahnya masih tetap terasa.

Wisata di Sumatera Barat
Bangunan Bersejarah
4.5
(7219 Ulasan)

Lobang Jepang Bukittinggi

Orang Jepang membuat jaringan terowongan bawah tanah ini selama pendudukannya pada masa Perang Dunia II.

Kota Bukittinggi

Sumatera Barat

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Lobang Jepang Bukittinggi di Google Maps

5

Sebelumnya, Lubang Jepang dibangun sebagai tempat penyimpanan perbekalan dan peralatan perang tentara Jepang, dengan panjang terowongan yang mencapai 1400 m dan berkelok-kelok serta memiliki lebar sekitar 2 meter. Sejumlah ruangan khusus terdapat di terowongan ini, di antaranya adalah ruang pengintaian, ruang penyergapan, penjara, dan gudang senjata.Selain lokasinya yang strategis di kota yang dahulunya merupakan pusat pemerintahan Sumatra Tengah, tanah yang menjadi dinding terowongan ini merupakan jenis tanah yang jika bercampur air akan semakin kokoh. Bahkan gempa yang mengguncang Sumatera Barat tahun 2009 lalu tidak banyak merusak struktur terowonganterowongan.Diperkirakan puluhan sampai ratusan ribu tenaga kerja paksa atau romusha dikerahkan dari pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan untuk menggali terowongan ini. Pemilihan tenaga kerja dari luar daerah ini merupakan strategi kolonial Jepang untuk menjaga kerahasiaan megaproyek ini. Tenaga kerja dari Bukittinggi sendiri dikerahkan di antaranya untuk mengerjakan terowongan pertahanan di Bandung dan Pulau Biak

Wisata di Jawa Tengah
Bangunan Bersejarah
4.7
(6970 Ulasan)

Pura Mangkunegaran

Rumah anggota kerajaan sejak tahun 1757, sebagian wilayahnya dapat dikunjungi dengan tur pameran bersejarah.

Kota Surakarta

Jawa Tengah

0271 642016

https://puromangkunegaran.com/

5

kesini hari biasa, harga tiket 30rb/ orang. di dampingin guide kaka kaka SMK lagi PKL, tapi info yang di beritahu bener bener membatu, asik, dan seru.pertama kita dibawa ke pendopo terbesar, yang warna lantai marmernya aslinya putih. tapi karena banjir buatan 7 hari setinggi jam yg ada di pasar gede, akhirnya jadi bercorak marmernya, tp tampak jadi makin keren kebetulan juga saya dtg hari Rabu, jadi di pendopo ada latihan tari.di pendopo itu ada 2 bagian set gamelan, ada yang umurnya tua sekali, ada yang umurnya ga tua tua banget (maaf lupa tahunnya berapa ) sesuai perhitungan jawa setelah weton apa gitu maaf ku lupa juga, jadi pas saya kesana. lagi yg di pakai gamelan set yg umurnya sangat tua untuk latihan nari, jd bisa di bilang gamelan set yg paling tertua di mainin sebulan sekali aja, dan kebetulan saat itu pas saya lagi mengunjungin pura mangkunegaranselanjutnya kita diajak ke ruangan yg berada di depan pendopo, tapi sayang sudah ga bisa masuk, jadi cuman bisa dilihat dari luar aja, katanya itu ruangan untum bertapa nya keluarga raja.lalu dibawa ke ruangan yg banyak foto keluarga, dan tempat makan dan santai santai keluarga raja.tempatnya bersih, rapiiiih, tidak berdebu, bagus, nanti kalau sempat kalau ke Solo lagi mungkin saya akan mampir lagi

Wisata di Jawa Barat
Bangunan Bersejarah
4.4
(12044 Ulasan)

Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon

Situs bersejarah yang menyerupai gua dengan taman, dibangun oleh Sultan Cirebon untuk beristirahat & meditasi.

Kota Cirebon

Jawa Barat

0819-3113-2884

Kunjungi website Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon di Google Maps

5

Lokasi masih dekat dengan pusat kota. Pengunjung perlu membeli tiket seharga 15K.Di dalamnya banyak spot menarik, akan lebih baik jika menggunakan jasa guide, karena bukan hanya diceritakan sejarah keseluruhan (dari ujung ke ujung), tapi juga ditunjukkan beberapa tempat foto yang bagus serta ikonik. Jasa guide bisa membayar seikhlasnya. Untuk berkeliling menggunakan jasa guide bisa menghabiskan waktu 45 menit - 1 jam. Atau bahkan lebih, kalau ada pertanyaan-pertanyaan tambahan.Saya pikir situs ini bisa dipertimbangkan untuk wisata edukasi keluarga, karena sangat luas, jadi anak-anak tetap bisa berlarian dengan lapang (tetap dalam pengawasan prang tua).

Wisata di Jawa Tengah
Bangunan Bersejarah
4.5
(15506 Ulasan)

Benteng Vastenburg

Benteng peninggalan kolonial Belanda tahun 1700-an, yang sekarang sesekali digunakan untuk konser & festival.

Kota Surakarta

Jawa Tengah

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

http://www.surakarta.go.id/

2

Fort Vastenburg ini merupakan benteng peninggalan penjajah Belanda yang ada di kota solo. Benteng ini dibangun sejak abad ke 18. Kemarin pada saat kesana benteng ini ditutup dan tidak dapat masuk. Sepertinya sekarang benteng ini sering sibuat untuk tempat pertunjukan konser2..Benteng ini letaknya tidak jauh dari pasar gede solo. Jalan kaki sekitar 400m saja.Sayangnya sepertinya kurang terawat... Banyak sampah dimana2.. Sayang sekali padahal harusnya peninggalan sejarah seperti ini harus dirawat dan dijaga..

Wisata di Sulawesi Selatan
Bangunan Bersejarah
4.5
(13318 Ulasan)

Benteng Rotterdam

Benteng Belanda abad ke-17 berbentuk penyu laut ini memamerkan sejarah Indonesia.

Kota Makassar

Sulawesi Selatan

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/

5

Tempatnya masih sangat bersih, cocok untuk menjadi tujuan wisata untuk mengenal cerita-cerita bersejarah, selain itu petugas-petugas di sana juga sangat ramah

Wisata di Jawa Barat
Bangunan Bersejarah
4.5
(16126 Ulasan)

Keraton Kasepuhan

Istana megah Sultan Kasepuhan yang dibangun pada tahun 1447, dengan area terbuka untuk umum dan museum.

Kota Cirebon

Jawa Barat

0819-3113-2884

https://linktr.ee/keratonkasepuhan

4

Disarankan pakai tour guide biar dipandu keliling sambil dijelaskan mengenai sejarah cirebon. Museumnya sudah direnovasi jadi bagus dan pakai AC. Area keraton lumayan luas tapi gak terlalu capek juga kelilingnya.Cuma kurang nyaman karena ada "petugas kebersihan" bawa bawa kotak sambil "seikhlasnya pak/bu". Tidak maksa sih, tapi terkesan kurang terawat jadinya

Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta
Bangunan Bersejarah
4.8
(37102 Ulasan)

Tugu Jogja

Tugu putih & emas bersejarah di penyeberangan tengah jalan, dibangun sejak 1889 & diterangi cahaya saat malam.

Kota Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

Kunjungi website Tugu Jogja di Google Maps

5

Salahsatu ikon Kota Jogja, Tugu Golong Gilig berada sisi utara dari Jalan Malioboro terpotong jalur kereta api. Disekitaran perempatan tugu kanan kiri banyak penjaja makanan mulai dari pedagang kaki lima sampai kafe kekinian. Tugu ini juga masuk kedalam sumbu garis imajiner Yogyakarta bersama Merapi, Keraton, Panggung Krapyak serta Pantai Selatan karena berbanding lurus utara-selatan.Sudah tertata rapi dan nyaman walau seringkali ramai dikunjungi wisatawan yang hendak berfoto atau sekadar menghabiskan waktu disini.Tugu ini sangat instagramable dan ikonik, menyimpan sejarah yang panjang dan falsafah kehidupan kebudayaan Jawa.

Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta
Bangunan Bersejarah
4.6
(39905 Ulasan)

Kampung Wisata Taman Sari

Bekas taman kerajaan dari abad ke-18 dengan kompleks pemandian bertingkat dan arsitektur yang indah.

Kota Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Maaf saat ini informasi belum tersedia.

http://jogjakota.go.id/

5

Tempat wisata yg Iconic Ternyata waktu dateng k sana, lokasi nya bener2 ada d antara pemukiman. Harga tiket masuk nya murah cuma 15rb per orang. Begitu masuk d sambut sama kolam yg air nya jernih. Anomali bgt sama cuaca jogja yg panas, klo beluh masukin kaki rasa nya udh pengen gulung celana sampe lutut wkwkwkwk Untuk tempat yg bisa d akses ga begitu byk, tapi bener2 nenangin. Saran aja klo mau ke sini mending pake topi, mengingat payung makan tempat, takut nya kena pala orang juga kaaan Akses parkir mudah dan murah, d dekat keraton juga ada masjid. Ada org2 yg istirahat dan lesehan d masjid. Yg jual makanan pun byk. Selamat berkunjung

Scroll to Top